Minggu, 01 Januari 2012

Gejala Komputer Terkena Virus



Virus komputer merupakan salah satu program aplikasi yang sengaja diciptakan untuk menjahili komputer. Virus komputer disebarkan secara tersembunyi dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Biasanya virus menyebar melalui internet. Karena internet merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan suatu aplikasi atau program yang mengandung virus. Selain itu penyebaran virus juga dapat dilakukan melalui media penyimpanan antara lain flash disk, harddisk, dan compact disk (CD). Media penyimpanan tersebut umumnya membawa virus dari komputer yang terjangkit virus.

Gejala-gejala yang menunjukkan adanya virus di komputer antara lain sebagai berikut:
Disket/Flash disk: terdapat bad sector, file tidak dapat digunakan, terdapat pesan di dalam directory, volume label telah berubah, dan jumlah ukuran file berubah (padahal kita tidak pernah menggunakan file tersebut).
Harddisk: hardisk membutuhkan waktu yang lama untuk booting, terdapat file yang tidak dapat digunakan, terdapat bad sector, terdapat directory atau file yang dibuat tanpa sepengetahuan kita, directory atau file yang hilang secara tiba-tiba, dan jumlah ukuran file berubah.
Komputer: terdapat pesan yang dimunculkan di layar monitor, speaker memainkan musik sendiri, file tidak bisa disimpan, huruf pada layar jatuh, pada monitor terdapat bola pingpong terpantul, printer mencetak pesan yang tidak diketahui, pertambahan macro pada file-file word, excel, dsb tanpa sepengetahuan kita.

Dan masih banyak lagi gejala-gejala yang dimunculkan ketika sebuah komputer terjangkit virus. Secara umum, akan terlihat gejala-gejala sebagai berikut:
Komputer mulai berjalan sangat lambat padahal kita tidak memasang banyak program aplikasi
Munculnya file-file aneh di folder tertentu
Komputer sering restart atau mati sendiri ketika kita membuka program khusus seperti Task Manager, antivirus, dan lainnya
Adanya logo tertentu ketika kita klik kanan My Computer --> Properties
Hilangnya beberapa opsi di komputer atau program tidak bisa berjalan, misalnya tidak bisa membuka Folder Options atau menunya hilang, tidak bisa menjalankan Registry Editor, membuka kotak Run, Command Prompt (cmd), dan yang lainnya
Program antivirus dan sejenisnya tidak bisa berjalan
Kadang muncul pesan aneh seperti puisi dan sejenisnya

Selain gejala-gejala diatas masih banyak gejala-gejala baru yang belum disebutkan. Karena virus terus berkembang seiring perkembangan program aplikasi komputer.


Salam gaptek...

0 komentar:

Posting Komentar