Selasa, 03 Januari 2012

Bekerja dengan Formula Excel

Formula atau rumus merupakan alat yang memungkinkan kita untuk melakukan kalkulasi terhadap nilai-nilai pada cell/sel (perpotongan garis dan kolom), baik pada sel itu sendiri maupun nilai yang tersimpan pada sel-sel yang lain.
Berikut ini adalah beberapa manfaat formula pada Excel. Sebuah formula dapat membantu kita menganalisis data pada worksheet. Kita dapat melakukan perhitungan seperti penambahan, perkalian, bahkan perbandingan nilai. Kita dapat menggunakan formula apabila perlu memasukkan nilai kalkulasi pada worksheet. Sebuah formula dapat terdiri atas elemen-elemen sebagai berikut ini:

  • operator perhitungan
  • referensi alamat suatu sel
  • nilai dari angka-angka secara langsung
  • fungsi-fungsi Excel
  • nama sel/nama range

Untuk memasukkan suatu formula pada suatu sel, ketikkan kombinasi dari elemen-elemen di atas, dan ketikan itu akan muncul langsung pada sel yang detempati dan juga pada formula bar. Sebuah formula harus diawali dengan karakter "=" (sama dengan hilangkan petiknya).

Sekian dulu perkenalan tengtang formula pada Ms. Excel. Pada kesempatan lain kita akan berbagi tentang cara penggunaan formula Excel.

Salam gaptek...

0 komentar:

Posting Komentar