Selasa, 03 Januari 2012

Siapa yang butuh presentasi?

Supaya bisa menjadi presentator yang handal, kita perlu mengenal lebih dalam perihal presentasi. Jangan sampai ketika ditanya perihal presentasi, kita hanya terdiam dan mengangkat bahu.
Pertanyaannya sekarang adalah siapakah yang membutuhkan presentasi???
Kebanyakan orang berfikir bahwa presentasi hanya diperuntukkan bagi mereka kalangan intelek atau orang-orang terkemuka di masyarakat. Tapi ternyata pemikiran tersebut adalah salah besar. Mengapa bisa demikian, tentunya presentasi dibutuhkan oleh siapa saja, tidak peduli status karier atau pekerjaan. Mungkin saat ini kita belum terbiasa berbicara di depan umum ataupun tidak berkaitan dengan dunia berbicara di depan umum. Sehingga kita merasa tidak membutuhkan belajar teknik-teknik presentasi. Akan tetapi, apakah kita sudah terlalu haqul yakin bahwa tidak akan membutuhkan teknik presentasi selamanya? Mungkin saja sesaat setelah ini, kita diminta berbicara didepan umum atau setidaknya dalam sebuah kelompok kecil atau menjelaskan sesuatu hal. Oleh sebab itulah kemampuan presentasi harus kita miliki untuk sekedar bersosialisasi ataupun lebih dari itu.

Presentasi merupakan bagian dari komunikasi. Hanya saja, bagi orang-orang yang tidak berkecimpung dalam dunia pendidikan, organisasi, dan kegiatan lain yang berhubungan erat dengan publik, presentasi seolah menjadi hal yang tidak pernah dilakukan. Pada umumnya, presentasi terutama dibutuhkan oleh:
  • akademisi
  • pelaku bisnis
  • pegawai
  • tokoh masyarakat

Sebagi seorang guru yang tanggap dengan perkembangan teknologi sudah sepantasnya kita menguasai berbagai teknik presentasi. Tips dan triks presentasi akan kita bahas bersama pada pertemuan selanjutnya.


Salam gaptek...

2 komentar:

  1. Teknik Presentasi sebenarnya adalah representasi communication skill yang sudah dimiliki. Hanya memang presentasi sudah di konsep dan dibantu sedemikian rupa dengan alat pembantu.

    Sedangkan communication skill bukanlah ilmu yang dapat dipelajari dengan instan namun hasil dari pengalaman, belajar, dan bersosialisasi yang benar.

    Communication skill (bukan hanya presentasi) memang merupakan aspek penting dalam bersosialisasi dan bekerja. Sayangnya saat ini masih banyak mahasiswa maupun lulusan sarjana yang canggung dan kurang memiliki communication skill yang baik.

    Mungkin Guru Gaptek punya solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi melalui bantuan media. Menarik ditunggu kabar selanjutnya...

    Salam dari Pojok Dunia untuk guru gaptek

    BalasHapus
  2. sip...
    marilah kita melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan baik...

    BalasHapus